Lingkungan Alam dan Buatan

Lingkungan Alam dan Buatan di Lingkungan sekitar kita

Kalau berada di luar kota, kita dapat melihat bebas alam ini. Kita bisa melihat gunung. Gunung menjulang tinggi berwarna kebiru-biruan. Kita bisa melihat sungai. Sungai yang berkelok-kelok. Kita bisa menyaksikan pula sawah yang subur. Kebun yang banyak buahnya.

Simak cerita berikut!

villa_mountain3600

Keluarga Pak Joni tinggal di pinggir kota. Lingkungan sekitar rumahnya nyaman. Halaman rumah luas, udaranya segar. Dari depan rumah terlihat puncak gunung. Puncak gunung terlihat biru. Sungguh pemandangan yang indah. Setiap pagi Adi pergi ke sekolah. Jalan menuju sekolah beraspal. Pinggir jalan terdapat sungai. Sungai itu jernih airnya. Di tepi sungai, tumbuh pohon-pohon. Lingkungan di sekitar rumah Pak Joni sangat indah.

Apa perbedaan lingkungan alam dengan lingkungan buatan? Lingkungan alam merupakan lingkungan yang ada dengan sendirinya. Lingkungan alam diciptakan oleh Tuhan. Contoh: gunung, danau, sungai, hutan, pulau, dan laut. Sedangkan lingkungan buatan merupakan lingkungan yang dibuat oleh manusia. Lingkungan buatan dibuat untuk keperluan manusia.

Contoh: waduk, kolam, sawah, kebun, jalan, bangunan, stasiun, dan rumah sakit.

Manfaat Lingkungan Alam Dan Buatan

1. Manfaat Lingkungan Alam

Lingkungan alam diciptakan Tuhan Yang Maha Esa untuk keperluan manusia. Lingkungan alam dapat berupa gunung, sungai, pantai, dan daratan. Manusia memanfaatkan lingkungan alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, lingkungan alam sangat bermanfaat bagi manusia. Tahukah kamu manfaat lingkungan alam bagi manusia? Manfaat kenampakan alam di sekitar manusia sebagai berikut.

a. Gunung

Gunung merupakan gundukan tanah yang tinggi. Banyak pohon tumbuh di gunung. Sewaktu hujan, akar akan menyerap air. Air hujan diserap di dalam tanah. Sehingga tidak terjadi banjir. Pada waktu musim kemarau, kita tidak akan kekurangan air. Di gunung juga terdapat air terjun dan pemandangan yang indah. Sehingga dapat dijadikan objek wisata. Selain itu, gunung bisa dijadikan objek pendakian bagi pencinta alam.

b. Sungai

Sungai merupakan tempat air mengalir. Sungai dapat digunakan manusia, misalnya untuk mandi dan mencuci. Sungai dapat juga digunakan untuk mengairi sawah. Biasanya dinamakan dengan irigasi. Di sungai, orang dapat juga memelihara ikan. Tahukah kamu jenis-jenis ikan yang biasa dipelihara? Ada ikan lele, ikan mujahir, ikan gurami, dan ikan nila. Pernahkan kamu naik perahu atau kapal? Sungai yang besar bisa dilalui oleh perahu. Sungai yang besar terdapat di Sumatra dan Kalimantan.

c. Pantai

Apakah kamu pernah pergi ke pantai? Apa mata pencaharian penduduk di sekitar pantai? Penduduk pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Nelayan menjual hasil tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kamu juga dapat menjumpai tambak di sekitar pantai. Pelabuhan bongkar muat barang dan transportasi antarpulau juga terdapat di pantai. Permukiman penduduk pantai memanjang mengikui garis pantai. Pantai sangat penting bagi penduduk. Kita harus menjaga pantai dari kerusakan. Contoh perbuatan yang dapat kamu lakukan adalah tidak membuang sampah ke laut.

d. Daratan

Bentuk daratan muka bumi beranekaragam. Contohnya lembah, bukit, dan dataran. Lembah adalah cekungan yang lebih rendah daripada daerah di sekitarnya. Pada umumnya, lembah terletak di antara dua bukit atau gunung. Tanah di lembah bersifat subur. Tanah tersebut dimanfaatkan untuk pertanian. Bukit adalah daerah berbentuk kubah dengan ketinggian 200 – 300 m. Bukit dimanfaatkan untuk lahan perkebunan. Pada umumnya kopi, cokelat, dan teh ditanam di perbukitan. Sedangkan dataran adalah daerah yang datar di daratan. Dataran dimanfaatkan manusia sebagai pusat kegiatan. Permukiman penduduk biasanya mengelompok di dataran.

Manfaat Lingkungan Buatan

Bukit adalah daerah berbentuk kubah dengan ketinggian 200 – 300 m. Bukit dimanfaatkan untuk lahan perkebunan. Pada umumnya kopi, cokelat, dan teh ditanam di perbukitan. Sedangkan dataran adalah daerah yang datar di daratan. Dataran dimanfaatkan manusia sebagai pusat kegiatan. Permukiman penduduk biasanya mengelompok di dataran. Lingkungan buatan dibuat oleh manusia. Lingkungan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Berikut ini adalah manfaat lingkungan buatan bagi manusia.

a. Rumah

Tahukah kamu bahan yang dipakai untuk membuat rumah? Rumah ada yang dari batu bata, batu kali maupun bambu. Rumah merupakan tempat kita berteduh. Rumah juga berguna untuk melindungi kita dari binatang buas.

b. Jalan

Tahukah kamu manfaat jalan? Jalan digunakan oleh manusia untuk sarana berpindah

ke tempat lain. Jalan yang baik akan mempermudah kita mencapai

tempat yang kita tuju.

c. Sawah

Sawah banyak terdapat di daerah pedesaan. Sawah berguna bagi manusia. Sawah merupakan tempat menanam padi, jagung, dan palawija.

d. Gedung Sekolah

Gedung sekolah merupakan tempat belajar bagi siswa. Kamu dapat bertemu teman baru di sekolah. Kamu juga bisa mendapat pengetahuan yang banyak di sekolah. Gedung sekolah ada bermacam-macam, misalnya bagi siswa SD, SLTP, dan SMU.

e. Pasar

Apakah di sekitar lingkunganmu ada pasar? Coba kalian sebutkan barang yang dijual di pasar tersebut! Di pasar biasanya dijual banyak barang, misalnya makanan, pakaian, dan alat-alat rumah tangga. Sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan membeli

barang-barang di pasar. Apakah kamu senang jika diajak ibu pergi ke pasar? Barang apa yang kamu beli di pasar?

3. Perilaku Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan

Kalian semua tentu pernah melihat sungai, baik sungai yang besar maupun sungai yang kecil. Sungai termasuk ketampakan alam. Tahukah kalian manfaat sungai? Manfaat sungai banyak sekali seperti yang telah dijelaskan di depan. Agar sungai selalu dapat dimanfaatkan oleh manusia, sungai harus dijaga kelestarian dan kebersihannya. Contoh perilaku yang baik dalam memelihara sungai adalah dengan tidak membuang sampah dan limbah ke sungai, karena dapat mencemari dan mengotori sungai. Selain itu sampah yang dibuang di sungai juga dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir.

Selain sungai, ketampakan alam dan buatan yang harus dijaga kelestariannya adalah hutan. Hutan ada yang alami dan ada yang buatan. Hutan alami adalah hutan yang ada dengan sendirinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Hutan buatan adalah hutan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai tujuan dan kepentingan hidupnya. Manfaat hutan yang paling utama adalah sebagai tempat penyimpanan air serta mencegah terjadinya bencana banjirdan tanah longsor. Oleh karena itu, kita tidak boleh merusak hutan. Hutan wajib dijaga kelestariannya dengan cara tebang pilih (menebang pohon dengan cara memilih pohon yang lebih tua dan siap untuk ditebang) dan reboisasi. Reboisasi adalah penanaman kembali pohon-pohon di hutan. Sawah merupakan contoh lingkungan buatan yang sengaja dibuat manusia. Petani menanam padi di sawah. Dari menanam padi petani mendapatkan beras yang dimasak menjadi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal petani harus mengolah lahan pertaniannya dengan baik, seperti penggunaan pupuk yang benar, sistem pengairan yang baik, dan mengolah tanah dengan baik. Usahausaha tersebut merupakan bentuk pemeliharan dan pelestarian lingkungan alam dan buatan.

Sumber :

Nursa’ban, Muhammad. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan.

http://www.crayonpedia.org/mw/Lingkungan_Alam_dan_Buatan_3.1